Memperkuat Pemahaman Ilmu Fiqh Munaqahat bagi Mahasiswi untuk Membangun Kesadaran Berumah Tangga yang Islami

Authors

  • Maisarah Maisarah Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

Keywords:

Fiqh Munaqahat, Mahasiswi, Rumah Tangga Islami

Abstract

Pemahaman ilmu fiqh munaqahat memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran mahasiswi untuk mempersiapkan kehidupan berumah tangga yang Islami. Namun, terdapat kesenjangan antara pemahaman teoritis dan praktis di kalangan mahasiswi yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemahaman fiqh munaqahat dapat memperkuat kesadaran mahasiswi dalam membangun rumah tangga Islami. Metode yang digunakan adalah library research dengan menganalisis literatur, buku, dan artikel ilmiah yang relevan. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis untuk mengidentifikasi hubungan antara pemahaman fiqh munaqahat dan kesiapan mahasiswi dalam membangun keluarga Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman fiqh munaqahat yang komprehensif membantu mahasiswi memahami peran, tanggung jawab, dan etika dalam pernikahan. Selain itu, pendekatan pendidikan yang aplikatif diperlukan untuk mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan keagamaan dengan menawarkan strategi untuk memperkuat kesiapan generasi muda membangun rumah tangga yang Islami dan harmonis.

References

Agustin, F., & Rokilah, R. (2024). Kaidah Fiqih Hukum Keluarga Dan Penerapannya Dalam Undang-Undang Perkawinan. Mandub : Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59059/mandub.v2i2.1199

Arifin, S., & Khairuddin. (2023). Konsep Keluarga Harmonis dalam Konteks Hukum Islam. Al-Adillah: Jurnal Hukum Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.61595/aladillah.v3i1.485

Ashiddiqi, M. H., & Dermawan, N. (2023). Peran Fiqih Munakahat Dalam Pernikahan Muslim: Panduan Untuk Kehidupan Berumah Tangga Yang Bahagia. Muadalah : Jurnal Hukum, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47945/muadalah.v3i2.1158

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.

Hehsan, M. R., Zulkifli, N. A., & Dahalan, Z. (2024). Family Beyond Boundaries: A Case Insight Into Islamic Extended Family Dynamics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(12), 227–240.

Hudafi, H., Firmansyah, H., Nasution, R. S., & Efendi, S. (2023). Tinjauan Fikih Munakahat Terhadap Berita Pernikahan Dua Wanita Kembar Dengan Seorang Laki-Laki Di Tribunjabar.id. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v9i1.6937

Imyansah, M. U., Mutia, I., Rehulina, D., Azifa, N., Adillah, P., & Wismanto, W. (2024). Fiqih Munakahat Dalam Pendidikan Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.776

Laluddin, H., Manap, N. A., Shariff, A. A. bin M., Husni, A. bin M., Kusrin, Z. M., Ibrahim, I. A., & Manap, N. A. (2013). The Contract of Marriage and Its Purposes from Islamic Perspective. Asian Social Science, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.5539/ass.v10n2p139

Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Penelitian Grounded Theory. In Metodologi Penelitian (pp. 54–60). CV. Afasa Pustaka.

Mujtaba, W., Saiban, K., & Rostami, S. (2023). Maintaining Family Harmony in Islamic Law According to Madhhab of Imam Shafi’i. NALAR FIQH: Jurnal Hukum Islam, 14(2), 96–105. https://doi.org/10.30631/nf.v14i2.1406

Ningish, P. A., Mukhlisin, M., & Nelli, J. (2022). Family Financial Management in Realizing Sakinah Family. In T. Azid, M. Mukhlisin, & O. Altwijry (Eds.), Wealth Management and Investment in Islamic Settings: Opportunities and Challenges (pp. 151–164). Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-981-19-3686-9_10

Nurjanah, S., Hermanto, A., Mayasari, L. D., & Hermawati, N. (2022). Al-Mubâdalah fî Mafhûmi Fiqhi al-Mar‛ah al-Mu’âshirah bî Indûnîsiyâ. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v17i1.6140

Ramayulis, R. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.

Sadiq, D. Z., Ali, D. S., & Saboor, D. A. (2023). الاساليب النبوية لحل المشكلات الأسرية: Prophetic Traditions for the Solution of Domestic Disputes. Al-Qamar, 59–74. https://doi.org/10.53762/alqamar.06.01.a05

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Maisarah, M. (2025). Memperkuat Pemahaman Ilmu Fiqh Munaqahat bagi Mahasiswi untuk Membangun Kesadaran Berumah Tangga yang Islami. Ameena Journal, 3(1), 12–24. Retrieved from http://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/151