Peran Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Keywords:
Audio, Media, Media PembelajaranAbstract
Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab telah menjadi hal yang umum di era digital saat ini. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan sejumlah referensi dan sumber daya yang relevan dengan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini memperkenalkan beberapa jenis media audio visual, termasuk video, audio, dan animasi, serta membahas cara penggunaannya dalam pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini juga mengeksplorasi beberapa manfaat penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk peningkatan keterampilan berbicara, pemahaman, dan keterampilan menyimak. Artikel ini termasuk studi library research. Hasil kajian ditemukan bahwa Peran media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab sangat penting, karena media ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun penggunaannya masih terbatas, namun penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan memperoleh motivasi yang lebih untuk belajar. Selain itu, televisi pendidikan juga dapat digunakan sebagai media untuk menyajikan materi bahasa Arab yang menarik dan memberikan gambaran tentang kejadian-kejadian dalam kehidupan nyata. Dalam mengombinasikan media audio visual dengan materi tertulis, perlu diperhatikan bahwa keduanya harus saling sesuai dan mendukung untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
References
Abdul Aziz, A. F. The Use of Audiovisual Media in Teaching Arabic Language for Non-Native Speakers. Arab World English Journal, 7(4), 2016.
Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora, 2009.
Al-Dosari, H. A. The Role of Audiovisual Materials in Teaching Arabic as a Foreign Language. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 2017.
Al-Shawabkeh, Y. F. . The Effectiveness of Audio-Visual Materials in Enhancing Students' Learning of Arabic Language. Journal of Language Teaching and Research, 10(6), 2019.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,)Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Bada, E. O. . The Use of Audio-Visual Materials in Teaching Arabic Language in Nigeria: An Evaluation. International Journal of Language and Linguistics, 3(1), 2016.
Bani Younes, A. A. . The Effectiveness of Audio-Visual Materials on Students' Learning of Arabic Language Skills. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 7(2). 2018.
Hassan, N. A., & Alnajjar, M. F. . The Role of Audio-Visual Materials in Developing Arabic Language Skills among Non-Native Speakers. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(3), 2019.
Hussein Hamdi Al-Tubji, Media Komunikasi dan Teknologi dalam Pendidikan, Kuwait: Dar Al-Qalam, 1996.
Nurhapsari Pradnya Paramitha, “Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Media Audio Visual”, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1 (2), 2018.
Syaiful Bahri Djamarah, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Tegar, I. The Use of Audiovisual Media in Teaching Arabic as a Foreign Language. Journal of Arabic Language Teaching, 1(1), 2018.
Tutik Rachmawati, “Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif,” UNPAR Press. Bandung, 2017.