Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Jenazah di Kelas X MAN 1 Bireuen

Authors

  • Murdani Murdani MAN 1 Bireuen

Keywords:

Metode Drill, Hasil Belajar, Shalat Jenazah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode drill dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi shalat jenazah di kelas X MAN 1 Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Bireuen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam melaksanakan shalat jenazah, sebagaimana terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II. Selain itu, metode drill juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.

References

Al-Ghazali. (2013). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Az-Zuhaili, W. (2011). Fiqh Islam wa Adillatuhu. Beirut: Dar al-Fikr.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mulyasa, E. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. (1970). Theories of Cognitive Development. New York: Basic Books.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.

Sudjana, N. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thorndike, E. L. (1913). Educational Psychology: The Psychology of Learning. New York: Teachers College Press.

Vygotsky, L. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Zaini, M. (2018). “Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Praktik Ibadah Siswa Madrasah Aliyah”. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 112-125

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Murdani, M. (2024). Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Jenazah di Kelas X MAN 1 Bireuen. Jurnal Seumubeuet, 3(1), 91–100. Retrieved from http://ejournal.ymal.or.id/index.php/jsmbt/article/view/156