Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendidik Etika Bicara Siswa di SD 53 Lueng Bata Banda Aceh

Authors

  • Nurmila Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ainal Mardhiah Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Guru, Mendidik, Etika Berbicara

Abstract

Etika berbicara adalah norma sopan santun dalam berbicarabaik kepada orangtua, guru, maupun dengan teman. Guru sebagai tenaga pendidik harus dapat dijadikan contoh dalam etika berbicarayang baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Peserta didik sekolah menengah pertama merupakan individu yang belum dewasa. Melalui jalur pendidikanlah karakter peserta didik akan terbentuk. Berdasarkan hasil riset yang penulis lakukan di SD 53 Lueng Bata, bahwa masih ada peserta didik yang memiliki masalah etika dalam berbicara, terutama ketika berbicara dengan guru dan teman di sekolah yang belum mencerminkan etika berbicara. Berkenaan dengan hal di atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik etika berbicarasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD 53 Lueng Bata, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik menjamin keabsahan data penelitian ini yaitu teriangulasi sumber dan teknik. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik etika berbicarasiswa SD 53 Lueng Bata Banda Acehdapat dikatakan telah terlaksana dengan baik. Upaya tersebut yaitu: memberikan pembiasaan untuk mengucapkan salam dan memotivasi dengan bercerita tentang keteladanan Rasulallah SAW, melakukan kerjasama dengan guru lainnya untuk selalu mengingatkan dan memberi arahan pada peserta didik, memberikan materi pelajaran yang berkaitan dengan etika berbicara, memberi konseling berupa nasehat dan bimbingan, memberikan contoh yang baik pada peserta didik mulai dari berbicara dengan sopan, dan berbicara baik, melakukan kerjasama dengan guru mata pelajaran lain dan orangtua untuk membina etika peserta didik, berkolaborasi dengan guru BK untuk membina etika berbicaradan memantau perkembangan perilaku peserta didik.

References

Amiruddin. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus.” Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, 2024.

Adnan Murya dan Urip Sucipto, Etika dan Tanggung Jawab Profesi, Yogyakarta: CV Budi Utama 2019.

Ali Nafhan Efendi, Belajar Dari Lukman Hakim : Pendidikan Akidah Akhlak, Jawa Barat: Guepedia: 2021.

Amirul Shaleh, et al., Etika Profesi Komunikasi, Bogor: IPB Press, 2021.

Ansar Suherman, Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Hari Pratikno, Keteladanan Sebagai Bentuk Profesionalisme Guru Untuk Penguatan Karakter Siswa, Seminar Nasional “Profesionalisme Guru Abad 21,” Ruang Sidang Utama Rektorat Uny, 2019.

Hosaini, Hasep Supriatna, Mardiana, Nazaruddin Masrizal, Hengki Nurhuda, Amiruddin, Azmi Yudha Zulfikar, and Miswar Saputra. Pembelajaran Akidah Akhlak. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Mega Adyna Movitaria et al., Metodologi Penelitian, Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.

Mira Herdiani, Aep Kusnawan, dan Hajir Tajiri, Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa, V. 6, No. 1, 2018.

Puji Lestari, Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik, IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 1. September 22, 2018.

Rosmalina Wahab, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Rudi Ahmad Suryadi, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Deepublis, 2018.

Sairah et al., Perkembangan Peserta Didik, Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, 2022.

Tiffany Shahnaz; Rusli and Dahlia; Amiruddin Boari, Yoseb; Amelia,Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat, Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2024.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Nurmila, & Mardhiah, A. . (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendidik Etika Bicara Siswa di SD 53 Lueng Bata Banda Aceh. Jurnal Seumubeuet, 3(2), 101–118. Retrieved from http://ejournal.ymal.or.id/index.php/jsmbt/article/view/84