Peningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di MAN 6 Bireuen

Authors

  • M. Tahir MAN 6 Bireuen

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Edukatif, Kolaboratif

Abstract

Dalam rangka melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya seorang guru dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan yang ditunjukkan dalam bentuk kinerja seorang guru baik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, maupun melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Hanya saja tidak semua guru memiliki kualitas kinerja seperti yang diharapkan, sehingga perlu dilakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan kinerja guru tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi edukatif kolaboratif. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di MAN 6 Bireuen. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan pada semester I, tepatnya pada bulan September-November 2021. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah 16 orang guru MAN 6 Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, serta melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I hanya 57% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 60% sedangkan siklus II mencapai 91%. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 61% sedangkan siklus II 91%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 59%. Sedangkan siklus II 88%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.

References

Ahmad Djazuli, 1996, Peningkatan Wawasan Guru Agama, Jakarta: Dirjen Dikdas.

Ahmad Tafsir, 2004, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., 2004: Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Karya.

Depdikbud, 1999. Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia (Materi Pelatihan Kepala Sekolah). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Dirjen Dikdasmen. 2004, Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Tenaga Kepandidikan.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan Nasional (2004:2)

Nawawi, Hadari dan Mimi Martini, 1994, Penelitian Terapan, Yokyakarta: Gadjah Mada University.

Ondi Saondi dan Aris Suherman, 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Aditama.

Rivai, Veitzhal, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbin S. P, 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Penerbit PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Roestiyah, 1986, Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sahertian, Piet. A., 2000, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rinneka Cipta.

Syamsudin, 2000, Psikologi Kependidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Guru Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Fokus Media.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Tahir, M. (2022). Peningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di MAN 6 Bireuen. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 127–137. Retrieved from https://ejournal.ymal.or.id/index.php/jsmbt/article/view/101