Artikulasi Cinta dari Sejarah Kemegahan Taj Mahal dalam Peradaban Islam Asia Selatan
Keywords:
Taj Mahal, Dinasti Mughal, Arsitektur Islam, Cinta, PeradabanAbstract
Artikel ini membahas Taj Mahal sebagai simbol cinta dan representasi kemegahan Dinasti Mughal dalam peradaban Islam di Asia Selatan. Dinasti Mughal, yang mencapai puncak kejayaan pada abad ke-16 hingga ke-18, meninggalkan warisan seni dan arsitektur yang mencerminkan integrasi tradisi Persia, Islam, dan India. Mengungkap makna Taj Mahal sebagai simbol cinta abadi Kaisar Shah Jahan terhadap Mumtaz Mahal sekaligus sebagai manifestasi kekayaan budaya dan spiritualitas Islam. Penelitian dilakukan melalui kajian literatur mendalam terkait sejarah, desain arsitektur, dan nilai simbolis bangunan. Menunjukkan bahwa Taj Mahal tidak hanya menjadi lambang cinta, tetapi juga cerminan kekuatan politik, spiritualitas, dan keindahan seni arsitektur Mughal. Taj Mahal tetap menjadi ikon global warisan budaya Islam yang abadi, yang merepresentasikan harmoni seni dan nilai spiritual hingga saat ini.
References
Ali, M. N. (2017). Kepemimpinan Shah Jahan di Kesultanan Mughal (1628-1658). JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 1(1), 154-192. http://dx.doi.org/10.30829/j.v1i1.929.
Alias, N. A. (2023). Model of Periodization of the History of Civilization and Phases of Development of Islamic Education. HISTORICAL: Journal of History and Social Sciences, 2(4), 192-203. https://doi.org/10.58355/historical.v2i4.91.
Faidi, A. (2020). Akulturasi Budaya Islam dan India: Tinjauan Historis terhadap Dialektika Kebudayaan Islam di India. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 1(2), 46-54. https://doi.org/10.34007/warisan.v1i2.408.
Farooq, H. O., Punhani, K. B., Qaisra., & Mustafvi, J. B. (2024). The Significance of the Architectural Design of Taj Mahal. International Journal of Contemporary Issues in Social Sciences, 3(1). https://ijciss.org/.
Fikriarini, A. (2010). Arsitektur islam: Seni ruang dalam peradaban islam. El Harakah, 12(3), 194. https://www.academia.edu/download/50251645/452-1545-1-PB.pdf
Herawati, A. (2018). Eksistensi Islam di Asia Tenggara. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(2), 119-129. https://doi.org/10.59638/ash.v4i2.188
Ilham, M. S., & Saripudin, U. (2024). Pemikiran Al-Waliullah Al-Dahlawi Dalam Membangun Peradaban Ekonomi Umat Islam Irtifaqat Shah. Tijarah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.59818/tijarah.v3i1.127
Islamiyati, D. N. “Sejarah dan Filosofi Arsitektur Bangunan Taj Mahal.” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 2019. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8129.
Lubis, D. E., Muhajir, A., & Dahlan, Z. (2021). Peradaban dan Pemikiran Islam Pada Masa Dinasti Mughal di India. Islamic Education, 1(2), 41-46. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.49
Mar’ah, F., Mawardi, K., & Purnomo, A. (2021). Seni Arsitektur Dinasti Safawi dan Dinasti Mughal. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 6(1). http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v6i1.3852
Miri, M. D. (2009). Kemunduran dan Kehancuran Kerajaan Mughal. El Harakah, 11(3), 216. https://doi.org/10.18860/el.v0i0.435
Munazzalurrohmi, M., & Al Ghatnini, R. A. S. (2024). Islam pada Masa Tiga Kerajaan Besar. Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa, 1(2), 226-241. https://doi.org/10.38073/pelita.v1i2.1866
Mu'nis, H. “The Great Nights 24 Malam Yang Mengubah Dunia Islam.” Jakarta Selatan: PT Ufuk Publishing House, 2009.
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nor, M. R. M., & Ashari, M. Z. A. H. (2017). Kemelut Politik Mughal pada Penghujung Era Pemerintahan Shah Jahan (Political Crisis of Mughal Empire During the End of Shah Jahan’s Reign). Jurnal Usuluddin, 45(1), 27-60. https://doi.org/10.22452/usuluddin.vol45no1.2
Nurdiana, S., & Amril, M. (2024). Sulakhul Politics as a Result of Sultan Akbar's Reformist and Revolutionary Thought Amidst Hindu Domination in India. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 12(01), 43-60. https://doi.org/10.32332/nizham.v12i01.8643
Pratama, F. S., & Jupri, J. (2023). Panas dingin kehidupan keberagaman kawasan Asia Selatan (Dari masa Dinasti Mughal hingga kontemporer). Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 8(1). http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v8i1.3868
Putri, S. “Simbol dan Makna Arsitektur Masjid Kontemporer Di Era Reformasi.” Konsentrasi Arsitektur Islam Sekolah Paska Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/77533.
Rahim, A. (2019). Sistem dan Kelembagaan Pendidikan Islam Di Masa Dinasti Mughal India Serta Relevansinya Pada Masa Sekarang. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10(1), 27-39. https://doi.org/10.62815/darululum.v10i1.31
Retno, D. K (2016).Ornamen Pada Bangunan Tajmahal Dalam Busana Muslim Ready To Wear. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1644
Riyadi, A. S. I. M. (2019). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pada Masa Dinasti Mughal. Jurnal Al-Mujaddidid ISSN 2476, 8855. https://www.academia.edu/download/62128599/3_Fadil.pdf.
Sparavigna, A. C. (2013). The gardens of Taj Mahal and the sun. International Journal of Sciences. https://ssrn.com/abstract=2573618
Yulianto, Y. “Fikih Arsitektur Islam.” UIN Maliki Press, Malang, 2021. http://repository.uin-malang.ac.id/9591/.