Asumsi Dasar Filsafat Pendidikan Islam: Epistemologis dan Aksiologis

Authors

  • Iswan Fadlin Institut Agama Islam Almuslim Aceh

Keywords:

Filsafat, Epistemologis, Aksiologis

Abstract

Artikel ini membahas ruang Pendidikan Islam dalam bentuk konsep epistemologi dan aksiologi. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan lebih lanjut konsep epistemologi dan aksiologi dari sudut pandang pendidikan Islam tersebut. Dan untuk menjelaskan istilah tersebut, maka artikel ini menggunakan teknik yang dipadukan dengan bibliografi beranotasi sebagai panduan untuk membubuhi keterangan literatur dan menganalisis argumentasi. Artikel ini menyajikan beberapa pembahasan terkait yang akan membantu memahami konsep-konsep dalam  ruang pendidikan Islam. Epistemologi sebagai metode filosofis dalam merumuskan ilmu pengetahuan. Di sisi lain, aksiologi dapat dijadikan pedoman filosofis untuk memahami keberadaan nilai-nilai untuk menegaskan hakikat nilai-nilai fundamental dalam pendidikan Islam.

References

Al-Shaibany, O. (1979). Falsafah pendidikan Islam. Bulan-Bintang.

Bagus, L. (2005). Kamus filsafat. Jakarta.

Chumaidah, C., & Astutik, Y. (2020). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 37. Urwatul Wutsqo, 9.

Hanum, A. (2024). Concept of Islamic Education Perspective of Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Anak Usia Dini, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58355/attaqwa.v3i2.68

Hausser, R. (2023). Ontology. In R. Hausser (Ed.), Computational Cognition (pp. 3–20). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-37499-9_1

Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.

Qomar, M. (2005). Epistemologi pendidikan Islam: Dari metode rasional hingga metode kritik. Jakarta.

Rahmat. (2011). Pendidikan Islam sebagai ... [Informasi bibliografi tidak lengkap].

Siswanto. (2009). Pendidikan Islam dalam perspektif filosofis. Pamekasan.

Sol, K., & Heng, K. (2022). Understanding epistemology and its key approaches in research. Cambodian Journal of Educational Research, 2(2), 80–99. https://doi.org/10.62037/cjer.2022.02.02.05

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharto, T. (2014). Filsafat pendidikan Islam: Menguatkan epistemologi Islam dalam pendidikan. Yogyakarta.

Theofilus, P. (2019). Model pembelajaran value clarification technique (VCT). Riksa Bahasa, 5(2).

Tim Penyusun. (2011). Pengantar filsafat. Surabaya.

Turrohma, M., Alwis, D. A. Y., & Ardimen, A. (2024). Landasan Epistemologi Ilmu dan Aplikasinya dalam Pengembangan Ilmu Manajemen Islam. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3664–3672. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1404

Wibowo, A. S., Firdaus, A. N. N., Qodri, A. F., & Effendi, M. (2024). Aksiologi Ilmu Dalam Perspektif Barat Dan Islam. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i4.1430

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Fadlin, I. (2025). Asumsi Dasar Filsafat Pendidikan Islam: Epistemologis dan Aksiologis. Ameena Journal, 3(1), 36–45. Retrieved from http://ejournal.ymal.or.id/index.php/aij/article/view/152