Author Guidelines

JUDUL DALAM BAHASA INDONESIA ATAU BAHASA INGGRIS, DITULIS DENGAN HURUF Book Antiqua-14 BOLD, MAKSIMAL 16 KATA, RATA TENGAH

Penulis Pertama1) Penulis Kedua2)

diikuti lembaga afiliasi atau instansi, ditulis dengan huruf kecil

(lowercase) TNR-111), 2)Alamat korespondensi (khususnya email) 1), 2)

Abstrak

Abstrak berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris ditulis menggunakan Book Antiqua-12. Jarak antarbaris 1 spasi. Abstrak berisi 150-250 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf, yang memuat tujuan, metode, serta hasil penelitian.

Kata kunci: 1 atau lebih kata atau frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel ini.

PENDAHULUAN

Berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh adalah: ........ hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu mengenali permasalahan otentik..... (Paidi, 2008 : 6)

Permasalahan dan tujuan, serta keguna-an penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Demikian pula definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga ditulis naratif.

Pendahuluan ditulis dengan Book Antiqua-12 tegak, dengan spasi 1.15. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam 5-6 digit, atau sekitar 1,2 cm dari tepi kiri tiap kolom.

METODE PENELITIAN

Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya dapat ditulis dalam sub-sub bab, dengan sub-sub heading. Sub-sub judul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, Book Antiqua-12unbold, rata kiri. Sebagai contoh dapat dilihat berikut :

Jenis Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ...........

Waktu dan TempatPenelitian

Khususnya untuk penelitian kualitatif, waktu dan tempat penelitian perlu dituliskan secara jelas (untuk penelitian kuantitatif, juga perlu).

Target/Subjek Penelitian

Target/subjek penelitian (untuk penelitian kualitatif) atau populasi-sampel (untuk penelitian kuantitatif) perlu diurai dengan jelas dalam bagian ini. Perlu juga dituliskan teknik memperoleh subjek (penelitian kualitatif) dan atau teknik samplingnya (penelitian kuantitatif).

Prosedur

Prosedur perlu dijabarkan menurut tipe penelitiannya. Bagaimana penelitian dilakukan dan data akan diperoleh, perlu diuraikan dalam bagian ini.

Untuk penelitian eksperimental, jenis rancangan (experimental design) yang digunakan sebaiknya dituliskan di bagian ini.

Data, Intrumen, dan TeknikPengumpulan Data

Macam data, bagaimana data dikumpulkan, dengan instrumen yang mana data dikumpulkan, dan bagaimana teknis pengumpulannya, perlu diuraikan secara jelas dalam bagian ini.

Teknik Analisis Data

Bagaimana memaknakan data yang diperoleh, kaitannya dengan permasalahan dan tujuan penelitian, perlu dijabarkan dangan jelas.

(Catatan: Sub-sub bab bisa berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah yang sifatnya sekuensial, dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya).

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pembahasan dapat disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi kondisi empiris atas permasalahan yang dibahas dalam karya ilmiah dilakukan sebelum pembahasan.

Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman penuh. Judul Tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal. Sebagai contoh, dapat dilihat Tabel 1 berikut.

Tabel 1. Skor Kemampuan Siswa Melakukan ..... pada Pembelajaran ........

No.

Aspek Penilaian

Skor

1

 

 

2

 

 

Mean

 

 

Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/ skema/grafik/diagram/se-bangsanya, pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar ditaruh di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi (at least 12) dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi spasi tunggal, atau at least 12. Sebagai contoh, dapat dilihat pada Gambar 1. berikut.

Gambar 1. Tingkat Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Diskusi.....

Pembahasan difokuskan pada mengaitkan kondisi empiris dan asumsi teoritisyang melatar belakangi karya ilmiah ini. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data?

Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas (jika terdapat data penunjang).

KESIMPULAN

Kesimpulan bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya. Dilengkapi saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Penerbit dapat mengembalikan artikel anda untuk koreksi jika anda tidak memformat referensi anda dengan benar. Perhatikan bahwa ini akan menunda proses publikasi jurnal. Referensi harus berhubungan dengan materi yang anda kutip dalam artikel anda (ini bukan bibliografi), dan mereka harus terdaftar dalam urutan abjad (jangan sertakan singkatan).

Beberapa contoh referensi dalam APA Style terdapat di bawah ini, sangat disarankan agar anda merujuk pada manual APA Style yang sebenarnya (edisi ke-6). Jika Anda tidak memiliki manual APA Style, Anda dapat 1) berkonsultasi dengan perpustakaan anda atau 2) mengunjungi situs web APA untuk mengatur salinan anda sendiri: http://www.apastyle.org/pubmanual.html. Mungkin bermanfaat bagi anda untuk berkonsultasi dengan halaman-halaman berikut di situs web APA untuk pertanyaan umum dan tips lainnya: http://www.apastyle.org/faqs.html&http://www.apastyle.org/previoustips.html .

Ditulis dalam spasi tunggal (atau at least 12pt), antar daftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/acuan di dalam Daftar Pustaka, diberikan berikut.

Buku dengan satu penulis:

Santoso, S. (2011). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya. Jakarta: UNJ.

Buku dengan dua penulis:

Nutbrown, C., & Clough, P. (2015). Early Childhood Education: History, Philosophy and Experience Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Buku dengan lebih dari dua penulis:

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. London: Pearson Education.

Artikel Jurnal:

Tuswadi, & Hayashi, T. (2014). Disaster Prevention Education in Merapi Volcano Area Primary Schools: Focusing on Students’ Perception and Teachers’ Performance. Procedia Environmental Sciences, 20, 668–677. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2014.03.080

Terbitan dalam bentuk cetak :

Setyaningsih, A. (2010). (cetak). Developing Young Learners’ Listening Skill through Stories. In TEYL International Seminar, Opportunities and Challenges. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Buku yang telah diedit:

Nutbrown, C., & Clough, P. (2015). (Ed). Early Childhood Education: History, Philosophy and Experience EdisiBahasa Indonesia. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Chapter in an edited book:

Jaques, P. A., &Viccari, R. M. (2006). Considering students’ emotions in computer-mediated learning environments. In Z. Ma (Ed.), Web-based intelligent e-learning systems: Technologies and applications (pp. 122-138). Hershey, PA: Information Science Publishing.

Prosiding yang dipublikasi:

Wiyanti, E., & Dinihari, Y. (2018). Penerapan Konsep Edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di PAUD Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018. Surakarta: UMS.

Disertasi Doktor atau Tesis Magister yang tidak dipublikasi:

Novita, A. (2018). Inovasi Guru dalam Metode Pembelajaran Berhitung untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis di TK Kalyca Montessori School Yogyakarta (Studi Kasus Kelas Bugis) (Tesis Magister  yang  tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Paper yang dipresentasikan:

Setyaningsih, A. (2010, Oktober). Developing Young Learners’ Listening Skill through Stories. Paper dipresentasikan pada TEYL International Seminar, Opportunities and Challenges. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Website:

VandenBos, G., Knapp, S., & Doe, J. (2001). Role of reference elements in the selection of resources by psychology undergraduates. Retrieved from http://jbr.org/articles.html.