Kejujuran Sebagai Dasar Komunikasi Yang Efektif

Authors

  • Raudhatul Fadhilah Mahasiswa Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Amiruddin Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Raudha Annura Mahasiswa Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Cut Fardiyati Aziz Mahasiswa Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63732/aij.v3i1.125

Keywords:

Kejujuran, Komunikasi Efektif, Kepercayaan

Abstract

Kejujuran merupakan elemen fundamental dalam komunikasi yang efektif, baik dalam konteks pribadi maupun profesional. Kejujuran tidak hanya membangun kepercayaan tetapi juga memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat dipahami dan diterima dengan baik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran kejujuran sebagai dasar komunikasi yang efektif serta dampaknya terhadap hubungan interpersonal dan organisasi. Metode kajian yang digunakan adalah analisis literatur dari berbagai studi yang berfokus pada aspek komunikasi dan integritas, serta dampak kejujuran dalam berbagai bentuk interaksi. Hasil kajian menunjukkan bahwa kejujuran meningkatkan kepercayaan, memperlancar proses komunikasi, dan mengurangi potensi konflik, sehingga kesimpulannya, kejujuran adalah faktor kunci dalam mencapai komunikasi yang efektif dan bermakna.

References

-, A. M. O., & -, A. S. P. (2024). Bridging the Distance: Effective Communication and Honesty Among College Students in Romantic Long-Distance Relationships. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(2).

Aprilaa, L. D., Saputra, A. N., & Hakim, D. N. (2023). Peran Kejujuran dalam Meningkatkan Penyelesaian Konflik Interpersonal di Media Sosial. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(2), 504–512.

Bryan, A., & Loisa, R. (2024). Komunikasi Antara Pelatih dengan Pemain dalam Membangun Prestasi Tim Olahraga. Kiwari, 3(2), 275–281.

Cooper, B., Cohen, T. R., Huppert, E., Levine, E. E., & Fleeson, W. (2023a). Honest Behavior: Truth-Seeking, Belief-Speaking, and Fostering Understanding of the Truth in Others. Academy of Management Annals, 17(2), 655–683.

Cooper, B., Cohen, T. R., Huppert, E., Levine, E., & Fleeson, W. (2023b). Honest behavior: Truth-seeking, belief-speaking, and fostering understanding of the truth in others.

Cooper, B., Cohen, T. R., Huppert, E., Levine, E., & Fleeson, W. (2023c). Honest behavior: Truth-seeking, belief-speaking, and fostering understanding of the truth in others.

Destriando, M., & Agus Suriadi. (2023). Siasat Mengatasi Perilaku Jujur yang Kian Luntur pada Anak-Anak di Kelompok Belajar Al-Ikhsan. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(1), 16–23.

Ira Fatmawati. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55.

Madani, H. (2021). Pembinaan Nilai-nilai Kejujuran Menurut Rasulullah Saw. Jurnal Riset Agama, 1(1), 145–156. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14346

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679.

Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268.

Sahputra, D. (2020). Manajemen Komunikasi Suatu Pendekatan Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152–162.

Sundari, S., Jekson Mardame Silalahi, V. A., & Siahaan, R. S. (2024). Komunikasi Interpersonal Dalam Membangun Harmoni Dan Produktivitas Di Tempat Kerja. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 419–438.

Vivekananda, N., & Meenakshi, D. R. (2024). Honesty And Its Role In Maintaining Social Cohesion And Trust. Educational Administration Theory and Practices.

Walter, E. (2024). Effects of Transparent Communication on Employee Trust in Management in Tunisia. American Journal of Public Relations, 3(2), 29–39.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Fadhilah, R., Amiruddin, Annura, R., & Aziz, C. F. (2025). Kejujuran Sebagai Dasar Komunikasi Yang Efektif. Ameena Journal, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.63732/aij.v3i1.125