Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen
Keywords:
Quality, Service, Customer SatisfactionAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan langsung oleh industri perbankan khususnya perbankan syariah dengan memunculkan inovasi produk digital.Mobile banking adalah salah satu serangkaian kemajuan teknologiyang bertujuan untuk memper mudah transaksi nasabah serta memberikan informasi kepada nasabah melalui fitur yang disediakan. Dalam pengembangan produk digital kualitas layanan menjadi hal terpenting karena langsung dirasakan oleh nasabah, sehingga akan membentuk kepuasan nasabah dalam pemakaian suatu produk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Yang menjadi variabel penelitiannya adalah kualitas layanan (X) dan kepuasan (Y). Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui kuisoner, sampel yang diambil berjumlah 82 responden dengan menggunakan teknik sampling insidental. Alat analisis menggunakan IBM SPSS Statistic 22 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, koefesien determinasi, uji hipotesis T.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen, hal tersebut dilihat dari hasil nilai thitung kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah sebesar 2,054 dengan signifikan 0,043 < 0,05, sedangkan nilai ttabel 1,663 < 2,054 thitung. Jadi nilai thitung lebih besar dibandingkaan ttabel, hal ini menunjukkan Ho ditolak dan diterimanya Ha yang menyatakan bahwa kualitas layanan mobile banking pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah.
References
Amalia, P., &Hastriana, A. Z, Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, danFitur M-Banking Terhadap KepuasanNasabah dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia, 2022.
Axel Hernandez dan Felix David, “Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Dalam Transaksi Sehari- hari”. IT- EXPLORE, Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol.01 No. 01, 2022.
Baihaqi, B. (2023). Peran Hukum Syariah dalam Memitigasi Risiko Pembiayaan Mikro. Ameena Journal, 1(4), 434-443.
Djunaidi, G, F., Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Minyak Kayu Putih pada Ketel Walbarua di DesaUbung, CV. Penerbit Qiara Media, 2020.
Hasballah, I. (2023). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Grong-Grong Sigli. Jurnal Al-Mizan, 10(2), 204-214.
Husain, T., &Sani, A. Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan, ( JurnalIlmuPengetahuan Dan Teknologi Komputer, Vol. 5, No. 2, 2020.
Idayati , I., Kesuma, I. M., Aprianto, R., &Suwarno, S. The Effect of Service Quality on Citizen’s Expectation Through Dimension of Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness.International Journal of Dinamic Economics and Business, Vol 4 No 3, 2020.
Indrasari, M., Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya: Unitomo Press, 2019.
Muammar Arafat Yusmad, Aspek Hukum Perbankan Syariah dar iTeori kePraktik, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
RahmadinaRiskiAnnur, YahyaTanjung, Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Bank Sumut, Jurnal Bintang Manajemen Vol.1, No.1, 2023.
Rizal Zulkarnain, Her Taufik, Agus David Ramdansyah, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah, Banten: Universitas Banten Jaya, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2020.
Rusli, T.S. and Boari, Yoseb; Amelia, D.A. (2024) Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wulandari, R., &Rusmahafi, Aulawi, F. Membidik Nasabah Bank Syariah, Nas Media Pustaka , 2020.